09 Aug 2017

Belajar Kepemimpinan John Calvin Maxwell

john calvin maxwell

Siapa yang tidak kenal dengan John Calvin Maxwell? Seorang tokoh fenomenal di jagad leadership, seorang Penulis dengan karya-karyanya yang terkenal. Jika Anda belum tahu, simak biografinya pada laman John Calvin Maxwell. Bahkan foto ini diambil langsung dari laman webnya.

Hari ini saya membaca beberapa tulisan John C. Maxwell, di tambah lagi dengan kuliah gratis yang saya dapat dari Rendy Saputra melalui Zid Club. Jika Anda juga ingin bergabung melalui aplikasi WhatsApp silakan klik disini.

Berbicara tentang kepemimpinan, tak lepas dari buku karya John C. Maxwell yaitu The 21 Irrefutable Laws of Leadership. Segala sesuatu dipengaruhi oleh kepemimpinan. “Everything rises and fall on leadership”. Kepemimpinan Anda adalah batas organisasi yang Anda pimpin. Bila nilai kepemimpinan Anda berada pada level 5 dari skala 1-10, maka kapasitas organisasi yang Anda pimpin akan mentok di pada level 5 tidak bisa lebih. Oleh karenanya kepemimpinan Anda harus terus diasah dan dikembangkan. Semakin baik Anda memimpin, maka akan semakin baik pula kapasitas organisasi Anda.

Untuk menjadi seorang pemimpin, perlu memahami terlebih dahulu 5 tingkatan kepemimpinan.

Level 1 RIGHTS

Pada level ini orang-orang mengikuti Anda karena HARUS, TIDAK MEMILIKI PILIHAN. Hal ini terjadi karena Anda memiliki kedudukan atau posisi sebagai atasan. Anda memiliki hak karena diberikan tanggung jawab. Sehingga orang-orang mengikuti Anda karena hak yang diberikan kepada Anda. Jadi kuncinya adalah HAK. Kepemimpinan level 1 adalah posisi yang baik untuk memulai, tetapi bukan posisi yang baik untuk menetap.

Mengapa demikian?

Karena pada level 1 ini komitmen anggota tim rendah demikian pula energinya. Anda tidak bisa membangun organisasi yang hebat dengan kepemimpinan level 1. Biasanya Anggota tim akan bekerja sekedar sesuai keharusan saja.

Contohnya:
Ketika kita bekerja, seringkali kita melihat pada sore hari, didetik-detik jam pulang kerja biasanya jam 16:30 banyak rekan kerja kita sesama karyawan yang mulai merapikan meja kerjanya, siap-siap untuk menyambut hal terbaik pada hari itu, yaitu berakhirnya jam kerja. Saya tidak berbicara tidak boleh pulang tepat waktu, namun satu hal yang perlu Anda ingat bahwa Anda tidak bisa membangun apapun dengan karyawan yang hanya memiliki energi yang seadanya seperti ini.

Level 2 RELATION

Pada level ini orang-orang mengikuti Anda karena mereka ingin dan menikmati. Mereka senang bekerja dengan Anda dan ada didalam tim Anda. Energi meningkat secara signifikan dibandingkan dengan level 1. Energi memang sangat terkait dengan hubungan baik. Anda senang dengan tim Anda dan peduli pada mereka. Sinergi antara Anda dan tim Anda berjalan dengan baik.

Pemimpin level 2 melakukan hal-hal berikut ini dengan baik:
1. Mendengarkan dengan baik. Hal ini sangat penting, karena untuk bisa memimpin dengan baik, pemimpin harus mengenal dan memahami karakteristik masing-masing timnya. Ia memimpin dengan cara yang berbeda untuk masing-masing anggota timnya, karena memang mereka termotivasi untuk hal yang berbeda.

2. Melakukan observasi dengan baik. Pemimpin level ini mengamati timnya dengan baik. Bukan apa yang dikatakan oleh timnya, tetapi mengamati apa yang dilakukan oleh timnya. Ini adalah tentang budaya. Budaya dibentuk oleh apa yang dilakukan. Dan apa yang dilakukan menentukan apa yang akan dicapai.

3. Melayani dengan baik. Mereka berjalan disamping timnya, dan saling membantu. Pemimpin level 2 tidak mendaki gunung sendiri, melainkan membawa tim bersamanya. Karenanya pemimpin level ini tidak merasa kesepian di puncak.

Level 3 RESULTS

Pada level ini orang-orang mengikuti Anda karena apa yang telah Anda lakukan untuk organisasi. Anda telah membangun kredibilitas karena prestasi. Sebagai contoh, mungkin Anda mengetahui LeBron James, pemain basket Amerika dan menjadi salah satu pemain terbaik di dunia. Setiap orang tentu ingin menjadi bagian dari tim basket seperti LeBron James, karena percaya akan jadi tim pemenang bersamanya. Kepemimpinan level 3 adalah tentang “Winning”.

Dan sejalan dengan meningkatnya level kepemimpinan, pengaruh Anda pun meningkat.

Pemimpin level 3 melakukan 3 hal ini dengan baik :
1. Menjadi contoh. Orang mengikuti apa yang dia lihat. Kepemimpinan adalah soal “Visual”. Orang mengikuti apa yang Anda lakukan, bukan apa yang Anda katakan. Pemimpin adalah seperti tour guide. Dia pergi bersama timnya. Bukan seperti travel agent yang mengirim orang ke tempat-tempat yang tidak pernah dikunjunginya.

2. Memiliki kekuatan Momentum. Anda membangun momentum. Momentum melejitkan segala sesuatu. Momentum ini dibangun oleh prestasi. Ketika Anda mencetak hasil yang baik, komitmen meningkat, dan komitmen yang meningkat akan mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Demikian seterusnya.

Momentum dapat memecahkan 80% masalah. Sebagai ilustrasi, sebuah kereta yang berjalan dengan kecepatan yang tinggi dapat merobohkan dinding beton yang tebal yang menghadangnya. Sebaliknya benda sekecil satu inchi pun dapat menghalangi sebuah kereta untuk bergerak. Jadi bukan besarnya masalah yang menentukan, melainkan kecepatan momentum.

3. Menarik orang terbaik. Pemimpin level 3 seperti magnet. Dia menarik orang yang baik seperti dia. Apabila Anda ingin merekrut karyawan yang mempunyai energi tinggi, jujur dan pekerja keras. Maka Anda harus menjadi orang yang punya energi tinggi, jujur dan pekerja keras dulu. Karena Anda akan menarik orang yang seperti Anda.

Level 4 REPRODUCTION/People Development

Pada level ini orang-orang mengikuti Anda karena apa yang telah Anda lakukan untuk mereka. Anda mengembangkan tim Anda dan membuat mereka lebih baik dan lebih sukses. Pemimpin Level 4 membuat multiplikasi.

Pemimpin level 4 melakukan 3 hal berikut dengan baik:

1. Merekrut dengan sangat baik. Sesuatu yang diawali dengan baik akan menghasilkan yang baik. Anda mengetahui kunci rekrutmen. Anda mempunyai gambaran yang jelas tentang seperti apa orang yang Anda cari. Sehingga Anda bisa menemukannya.
2. Menempatkan orang diposisi yang tepat; dan
3. Mengembangkan orang dengan baik.

Dalam mengembangkan orang tersebut, terdapat 5 tahap yang harus dilakukan:
a. Saya melakukan dengan baik;
b. Saya melakukan dan Anda bersama saya untuk melihat dan Saya menunjukkan apa yang harus Anda lakukan;
c. Anda yang melakukan, dan saya yang mendampingi;
d. Anda melakukan secara mandiri (tanpa saya);
e. Anda melakukan dan mengajak orang lain. Dan Anda melakukan multiplikasi.

Level 5 RESPECT

Pada level ini adalah level terakhir. Pada level ini orang-orang mengikuti Anda karena siapa Anda dan reputasi Anda. Jadi saat mereka mendengar nama Anda, atau bertemu dengan Anda maka orang-orang akan percaya secara langsung sebagai akibat dari 4 level yang sudah Anda lewati.

Lantas apa yang harus Anda lakukan sekarang?

Untuk mengembangkan kepemimpinan, Anda sangat disarankan untuk menganalisa pada level mana kepemimpinan Anda dimata orang-orang yang Anda pimpin. Bisa jadi tingkat kepemimpinan Anda berbeda dimata orang yang berbeda, karenanya analisa ini perlu dilakukan untuk masing-masing orang/kelompok. Lalu untuk masing-masing buat langkah untuk meningkat satu level ke atas.

Demikian seterusnya, hingga Anda mencapai level tertinggi.

Demikianlah sedikit tulisan mengenai kepemimpinan John Calvin Maxwell.

Jika tulisan ini bermanfaat untuk Anda, silakan dibagikan.

Summary
Belajar Kepemimpinan John Calvin Maxwell
Article Name
Belajar Kepemimpinan John Calvin Maxwell
Description
Siapa yang tidak mengenal John Calvin Maxwell, seorang legendaris dibidang leadership atau kepemimpinan, penulis terkenal dengan buku-buku yang luar biasa.
Author
Publisher Name
WS|WilliamSetiadi
Publisher Logo