23 Apr 2017

I’m a Student of Leadership

student of leadership

Beberapa hari ini, sangat membosankan, banyak termenung dimeja kerja. Tahun 2017 sudah memasuki akhir bulan April. Semua berjalan dengan cepat (menurut saya) hingga terkadang seperti hilang akan kendali.

Ada sebuah mimpi yang masih belum bisa tercapai di 11 tahun saya menjabat. Gaya kepemimpinan yang bukan sebagai trade mark sendiri. Banyak doktrin yang masuk hingga lupa warna asli yang ingin diwujudkan, diimplementasikan.

Kepemimpinan gaya si Welle, yang orsinil, mungkin sama dengan yang lain tetapi pasti ada bedanya dan menjadi ciri seorang William Setiadi

Saya teringat tulisan Dr. Handry Satriago, seorang CEO dari GE Indonesia. Beliau menyatakan untuk menjadi pemimpin, seseorang harus mendeklarasikan dirinya sebagai seorang yang selalu siap belajar. A leader is a student of leadership.

Mengapa? Karena leadership adalah proses yang terjadi antara leader (pemimpin), follower (mereka yang mengikuti pemimpin) dan situation (situasi).

Pemimpin yang hebat selalu belajar dari proses kepemimpinan. Ia tidak hanya berpikir soal karisma dan pencitraan. Oleh karena itu, untuk menjadi pemimpin, seseorang wajib memiliki mentalitas untuk mau mendengar dan menerima kritik. Jika seorang pemimpin merasa sudah tahu semua hal dan tidak mau lagi belajar, ya sulit. Susah diharapkan menjadi pemimpin yang bagus.

Mungkin karena itulah dalam rangka membuat jati diri kepemimpinan yang orsinil gaya si welle, banyak buku leadership yang dikecap dan dipelajari.

Ada tiga hal yang membentuk seseorang menjadi pemimpin yang mumpuni:

#1. Pengalaman,

untuk menjadi pemimpin yang baik, seseorang perlu melewati masa drop dan kejayaan. Keduanya harus dilewati.

Lihatlah sejarah, para pemimpin hebat hampir tidak pernah ditemukan merupakan anak manja yang tidak pernah mengalami kesusahan.

Pengalaman berbuat salah, kalah atau melewati suatu lingkungan yang sulit adalah salah satu jalan menjadi pemimpin.

#2. Pendidikan yang diperoleh.
Butuh training untuk menjadi pemimpin. Perlu banyak membaca dan berdiskusi. Membangun jejaring. Karena diperlukan pembelajaran dan pengalaman orang lain agar ilmu dan pengalaman yang ada terus bertambah.

#3. Memiliki sifat dan ciri-ciri yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang hebat.

Bahasanya adalah Traits. Sayangnya traits ini tidak mudah dipelajari atau diajarkan baik dari pengalaman maupun bangku sekolahan. Traits adalah sifat yang seringkali sudah tertanam dalam diri seseorang. Terdapat 7 traits, yaitu:

a. Karakter Ultra Competitive didalam hal-hal yang baik dan benar. Seorang pemimpin harus selalu do the right things right.

b. Penuh rasa penasaran. Untuk menjadi pemimpin, diperlukan sifat ingin tahu dan kemampuan mencari informasi tentang banyak hal.

c. Kepercayaan diri yang kuat sekaligus tahu mengenai dirinya. Pemimpin yang tahu tentang diri mereka tapi tidak mempunyai keyakinan diri, tidak akan bisa mengambil keputusan. Sebaliknya pemimpin yang percaya diri tapi tidak mengetahui dirinya sendiri karena tidak mau mendengar kritik akan menjadi atasan yang buruk karena tidak mau memikirkan orang lain.

d. Memiliki daya tahan dan kemampuan untuk bekerja. Untuk menjadi pemimpin, seseorang harus berani menerima “tonjokan” agar pekerjaan yang dikerjakan bisa selesai. Pemimpin tidak bisa cengeng dan selalu merengek bahwa ia tidak mendapatkan dukungan serta selalu menyalahkan orang lain maupun lingkungan (situasi).

e. Untuk menjadi pemimpin adalah keberanian yang berimbang. Bukan asal nekat atau bukan juga yang tidak berani mengambil resiko sama sekali.

f. Keberanian untuk berbeda dan melakukan perubahan. Pemimpin yang baik tidak perlu selalu mengikuti arus. Terkadang diperlukan pendapat yang berbeda dari pendapat kebanyakan orang.

g. Menjadi pemimpin adalah menjadi pemberi. Be a giver not a taker. Ini adalah karakter yang keren. Pemimpin yang bagus itu selalu bersedia menolong. Menjadi pemimpin yang baik adalah menjadi teman yang baik juga.

Well, masih panjang juga perjalanan ini. Masih banyak yang perlu dipelajari, direalisasikan dalam perjalanan hidup.

Wish me luck…!!!