Semangat Melayani dan Selalu Memberikan yang Terbaik
12 Feb 2019

Semangat Melayani dan Selalu Memberikan yang Terbaik

melayani

Sudah lama saya terhenti untuk berbagi melalui tulisan di blog ini.

Kesibukan pekerjaan seringkali memaksa untuk melupakan sejenak kumpulan tulisan-tulisan ini. Jika Anda salah satu pembaca dari tulisan saya ini, semoga memaklumi dan berkenan untuk tetap setia bersama di blog WS|WilliamSetiadi.

Kemarin, kantor telah selesai menyelenggarakan kegiatan tahunan. Kami menyebutnya Rapat Anggota Tahunan (RAT). Sebuah perhelatan yang cukup besar serta menguras energi sejak mempersiapkan Buku Tahunan hingga mengelola Jajaran Manajemen yang notabene adalah bagian dari panitia penyelenggara. Tugas ini memang rutin setiap tahunnya, saya mengelola serta mempersiapkan acara ini sejak menduduki jabatan hingga saat ini.

Tempat saya bekerja merupakan sebuah badan usaha atau korporasi yang bergerak di bidang keuangan. Produk dan Layanan lebih mengupas kepada produk simpanan dan pinjaman. Meskipun demikian pada bidang lain, layanan perusahaan tidak kalah bersaing dengan lembaga sejenis.

Dalam dunia bisnis saat ini, sangat dikenal apa yang disebut sebagai Pelayanan Sepenuh Hati (Excellent Service) atau Keunggulan Pelayanan.

Pelayanan yang unggul berarti memberikan pelayanan yang melebihi harapan dari sang pembeli atau konsumen.

Pelayanan sepenuh hati merupakan keseluruhan pelayanan, sejak awal perintisan bisnis, saat pelaksanaan yang berpuncak kepada transaksi, dan hubungan seterusnya antara produsen dan konsumen secara berkelanjutan. Itulah sebabnya Service Excellence didefinisikan sebagai suatu sikap untuk melakukan atau memberikan pelayanan lebih daripada yang diharapkan oleh pihak yang menerimanya.

Service Excellence is an attitude to do more than expectation. Click To Tweet

Pelayanan sepenuh hati bersifat lebih luas dan komprehensif dibandungkan dengan pelayanan purna jual atau seringkali disebut after sales service, yang sebelumnya dikenal pada industri dan pemasaran. Di dalam Service Excellence sudah tercakup pula after sales service..

Pada tahap awal pengenalan bisnis, Service Excellence akan mencakup pemberian informasi yang jelas, cepat, dan tepat, dengan cara yang menarik agar banyak orang tertarik untuk menerimanya. Dalam proses ini akan mulai terjalin hubungan antara produsen dan konsumen, yaitu suatu hubungan yang bersifat jujur, tulus, setara, saling percaya, saling respek, dan bermanfaat, serta menguntungkan kedua belah pihak.

Dalam bukunya berjudul Not for Bread Alone – A Business Ethos, A Management Ethic,

melayani

Buku Karya Konosuke Matsushita

Seorang industriawan Jepang bernama Konosuke Matsushita, menuliskan bahwa hubngan antara produsen dan konsumen dilandasi “Semangat Pelayanan” (Spirit of Service). Antara produsen dan konsumen terdapat komitmen yang menjadi kontrak tak tertulis, yaitu produsen akan menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen dan begitu juga sebaliknya, konsumen akan selalu menggunakan produk dari produsen tersebut.

Dalam proses menjalin dan memperkuat relasinya, produsen memperkenalkan atau mengiklankan produk dan jasa yang ditawarkan dengan tujuan semata-mata untuk melayani kepentingan konsumen. Iklan atau promosi harus mengandung data dan fakta yang benar dan tidak boleh disertai maksud tersembunyi untuk membohongi atau menjebak konsumen.

Sementara itu, pelayanan purna jual (after sales service) merupakan suatu upaya penting untuk menjalin, mempertahankan, dan mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan antara produsen dan konsumen atau penjual dan pembeli.

Produsen harus menjaga hubungan ini dengan melakukan berbagai upaya, baik yang besar maupun yang kecil dan sederhana, seperti mengirimkan data dan informasi mutakhir mengenai produk dan atau jasa yang ditawarkannya kepada konsumen. Produsen juga dapat mengunjungi toko-toko yang menjual atau menyalurkan barang-barangnya. Dalam hal tertentu, produsen harus mampu meyakinkan konsumen akan penting dan bermanfaatnya menggunakan produknya dibandingkan dengan produk-produk sejenis lainnya.

Sudah menjadi prinsip umum bahwa produk yang bermutu baik memiliki harga yang ‘baik’ juga (good quality, good price, harga terjangkau). Tetapi produk yang baik ini akan mendapatkan tanggapan yang lebih baik lagi kalau produsen dapat memberikan sesuatu yang berbeda, yaitu pelayanan sepenuh hati (excellent service) sehingga konsumen akan memilih tetap membeli dan menggunakan produk tersebut.

Hal lainnya…

Bagi produsen atau penjual, keluhan (complaint) dari konsumen adalah sesuatu yang bernilai karena hal ini menunjukkan perhatian dan tanggapan konsumen atas barang dan jasa yang ditawarkan. Keluhan memungkinkan produsen untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu produknya sesuai permintaan konsumen.

Jadi pelayanan sepenuh hati (excellent service) merupakan hal penting dan membedakan kualitas dan penjualan atas sebuah produk dan jasa.

Ada tanggapan lain?

Silakan tuliskan di kolom komentar ya.

Summary
Semangat Melayani dan Memberikan yang Terbaik
Article Name
Semangat Melayani dan Memberikan yang Terbaik
Description
Produsen akan menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen dan begitu juga sebaliknya, konsumen akan selalu menggunakan produk dari produsen tersebut
Author
Publisher Name
WS|William Setiadi
Publisher Logo